REFORMASI PENDIDIKAN

Bicara Reformasi Pendidikan, pada dasarnya adalah bicara memperbaharui " Kurikulum " dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ", atau dari bentuk "Sistem " kebentuk " Sistem Bermasyarakat ".
Perubahan kurikulum, akan berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran dan Bahan Ajar, jadi jika terjadi pengembangan kurikulum ( substansi ke sistem ), maka harus diikuti pengembangan sistem pembelajaran dan pengembangan bahan ajar.
Perubahan kurikulum akan disertai perubahan bahan ajar dan secara otomatis disertai perubahan sistem pembelajaran, dengan demkian ada keterkaitan yang sangat erat signifikan antara perubahan kurikulum, pengembangan bahan ajar dan pengembangan sistem pembelajaran
Dengan demikian Sistem Pendidikan akan berubah dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ". Dengan berubahnya kurikulum ( substansi ke sistem ) akan berubahlah Sistem Pendidikan, yang akhirnya terjadi " REFORMASI PENDIDIKAN " dari bentuk substansi ke sistem.



Monday, April 26, 2010

SAYANGILAH DIRIMU ...............ANAKKU

Pernahku memandangmu, betapa bahagianya hatiku
Lewat sorot matamu, dan lembutnya kata-katamu......
Tapi aku hanyalah seonggok cahaya yang jauh darimu
Dan bila dekat aku adalah aku dan kamu adalah kamu
Kini ku tak bisa diam membisu .....
Sebab kau adalah bagian dari tanggung jawabku
Seperjalanan walau sejenak kau disisiku
Sayang...kau adalah anak-anaku, siswaku dan muridku
Aku adalah cahaya yang mencoba menerangi jiwamu
Lewat perkataanku..........
Lewat sikap dan tindak tandukku..........
Lewat ilmu yang kuberikan padamu.........
Hanya satu harapanku, semoga berguna bagimu
Tapi aku tak bisa memaksamu
Sebab aku adalah aku dan kamu adalah kamu
Seandainya kau rajut semua fatwa didalam hatimu.......
Betapa bahagianya hatiku
Sebab kau muridku, sayangku, dan seirama denganku
Tapi bila kau buang jauh, akupun tak marah padamu
Sebab kau berjiwa dan bersahaja dan berkehidupan didunia...
Hayna satu pesanku............
Sayang...........Sayangilah Dirimu.



Puisi kecil diwaktu senggang
Damar, 27 April 2010

No comments:

Post a Comment