REFORMASI PENDIDIKAN

Bicara Reformasi Pendidikan, pada dasarnya adalah bicara memperbaharui " Kurikulum " dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ", atau dari bentuk "Sistem " kebentuk " Sistem Bermasyarakat ".
Perubahan kurikulum, akan berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran dan Bahan Ajar, jadi jika terjadi pengembangan kurikulum ( substansi ke sistem ), maka harus diikuti pengembangan sistem pembelajaran dan pengembangan bahan ajar.
Perubahan kurikulum akan disertai perubahan bahan ajar dan secara otomatis disertai perubahan sistem pembelajaran, dengan demkian ada keterkaitan yang sangat erat signifikan antara perubahan kurikulum, pengembangan bahan ajar dan pengembangan sistem pembelajaran
Dengan demikian Sistem Pendidikan akan berubah dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ". Dengan berubahnya kurikulum ( substansi ke sistem ) akan berubahlah Sistem Pendidikan, yang akhirnya terjadi " REFORMASI PENDIDIKAN " dari bentuk substansi ke sistem.



Friday, December 7, 2012

LINGKUNGAN PEMBELAJARAN

Lingkungan yang baik akan menghasilkan kondisi pembelajaran yang baik, itulah keadaan yang sebenarnya walaupun ada perkecualiannnya. Lingkungan yang baik untuk kegiatan pembelajaran, harus dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi pelaku-pelaku pembelajaran, baik itu guru mata pelajaran, kepala sekolah, staf tata usaha dan siswa sebagai pebelajar.
Dalam hal ini yang dimaksud lingkungan disini adalah lembaga formal yaitu sekolah.

Lingkungan yang baik akan tercipta apabila lingkungan tersebut :
1. Memberikan respon kesejukan, ketenangan dan nyaman untuk belajar.
2. Memberikan gambaran yang baik, mendukung kegiatan pembelajaran
3. Memberikan bacaan- bacaan yang baik, yang mendukung pembelajaran.
4. Dapat menciptakan perilaku atau sikap yang menyenangkan.

Maka dengan demikian InsyaAlloh semua pelaku-pelaku pembelajaran akan senang dan nyaman didalamnya, dan pasti akan mensukseskan kegiatan pembelajaran. Mari kita ciptakan lingkungan pembelajaran yang baik. Semoga.