REFORMASI PENDIDIKAN

Bicara Reformasi Pendidikan, pada dasarnya adalah bicara memperbaharui " Kurikulum " dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ", atau dari bentuk "Sistem " kebentuk " Sistem Bermasyarakat ".
Perubahan kurikulum, akan berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran dan Bahan Ajar, jadi jika terjadi pengembangan kurikulum ( substansi ke sistem ), maka harus diikuti pengembangan sistem pembelajaran dan pengembangan bahan ajar.
Perubahan kurikulum akan disertai perubahan bahan ajar dan secara otomatis disertai perubahan sistem pembelajaran, dengan demkian ada keterkaitan yang sangat erat signifikan antara perubahan kurikulum, pengembangan bahan ajar dan pengembangan sistem pembelajaran
Dengan demikian Sistem Pendidikan akan berubah dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ". Dengan berubahnya kurikulum ( substansi ke sistem ) akan berubahlah Sistem Pendidikan, yang akhirnya terjadi " REFORMASI PENDIDIKAN " dari bentuk substansi ke sistem.



Sunday, April 10, 2011

DENGAN TUTOR SEBAYA PEMBELAJARAN LEBIH OPTIMAL

Pengertian Tutor Sebaya.
Tutor Sebaya merupakan aktivitas kerja kelompok yang dilakukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran baik institusional atau insidental. Dalam hal ini yang kami sorot adalah institusional, karena tutor sebaya dilakukan pada saat kegiatan tatap muka proses belajar mengajar ( PBM ).


Keuntungan Tutor Sebaya :
1. Bagi Guru :
Guru mempunyai kesempatan mengawasi kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya, dimana setiap siswa dalam kelompok belajarnya, akan terawasi dan termotivasi dengan luas dan jeli.
Guru dapat menjeleskan materi pelajaran secara optimal, baik secara klasikal, dengan konsep-konsep yang penting dipapan tulis, atau secara individual dengan tatap muka langsung kepada siswa apa yang dirasakan belum mengerti.
Guru dapat mengklasifikasikan siswa yang mengerti dan kurang mengerti, sehingga pendekatan pengajaran lebih terarah.

2. Bagi Siswa.
Siswa tidak terlalu merasakan beban yang berat dalam kegiatan pembelajaran, karena dikerjakan secara bersama-sama, bahkan sebaliknya siswa dapat enjoy dalam pembelajaran.
Siswa memperoleh pembelajaran sosial secara insidental, dengan membagi kepandainnya kepada yang kurang mampu tanpa merasa terbebani dan dirugikan.
Menumbuhkan rasa tanggung jawab yang besar dihati masing-masing siswa dengan memberikan tugas yang sewajarnya.
Menumbuhkan sifat kedewasaan terhadap siswa dengan memotivasi kerja sama yang baik, tanpa ada rasa iri dan terugikan.
Meanciptakan suasana belajar yang baik dan menyenangkan.
Siswa yang pandai dapat mengangkat siswa yang kurang mampu tanpa merasakan dirinya dirugikan.

Tutor sebaya merupakan jalan terbaik untuk menciptakan komunikasi baik satu arah, dua arah atau banyak arah, sehingga proses belajar mengajar dapat hidup dan menyenangkan.