REFORMASI PENDIDIKAN

Bicara Reformasi Pendidikan, pada dasarnya adalah bicara memperbaharui " Kurikulum " dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ", atau dari bentuk "Sistem " kebentuk " Sistem Bermasyarakat ".
Perubahan kurikulum, akan berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran dan Bahan Ajar, jadi jika terjadi pengembangan kurikulum ( substansi ke sistem ), maka harus diikuti pengembangan sistem pembelajaran dan pengembangan bahan ajar.
Perubahan kurikulum akan disertai perubahan bahan ajar dan secara otomatis disertai perubahan sistem pembelajaran, dengan demkian ada keterkaitan yang sangat erat signifikan antara perubahan kurikulum, pengembangan bahan ajar dan pengembangan sistem pembelajaran
Dengan demikian Sistem Pendidikan akan berubah dari bentuk " Substansi " ke bentuk " Sistem ". Dengan berubahnya kurikulum ( substansi ke sistem ) akan berubahlah Sistem Pendidikan, yang akhirnya terjadi " REFORMASI PENDIDIKAN " dari bentuk substansi ke sistem.



Thursday, March 11, 2010

MEREKA HARUS TAHU


Perubahan jaman menuntut adanya perubahan disegala bidang termasuk bidang pendidikan. Pendidikan harus bisa menjembatani dan menghasilkan produk yang dapat hidup ditengah-tengah jaman yang sudah modern ini.
Kemajuan jaman harus diimbangi dengan kemajuan dibidang pendidikan, apabila sebaliknya yang terjadi, maka staknasi yang sangat signifikan dengan kehancuran yang menghantui dunia pendidikan, sementara kemajuan jaman semakin berkembang dan dunia pendidikan semakin jauh tertinggal.
Alangkah ngerinya bila terjadi hal yang demikian. Dunia pendidikan menuntut tehnologi prakmatis, praktis , efektif dan efisien, baik didalam sistem pembelajaran ataupun didalam sistem instraksional, baik didalam kegiatan institusional dan insidental. Semua ini harus dipahami dan dikuasai oleh pelaku-pelaku didalam dunia pendidikan, secara hyrarkhis, dari pejabat-pejabat fungsional dan pejabat-pejabat struktural, tingkat nasional, propinsi dan kabupaten bersatupadu untuk menyamakan misi dan visi, agar dapat berjalan seiring seirama menuju satu tujuan, yaitu terciptanya generasi muda yang siap untuk menghadapi tantangan masa depan ditengah-tengah gejolak kemajuan jaman yang sangat modern ini.
Kemajuan jaman sudah memberikan software dan hardware yang canggih, tetapi bila tidak diikuti kemajuan didalam kegiatan pembelajaran, semua akan sia-sia, dan dunia pendidikan semakin tertinggal.
Marilah kita satukan misi, visi dan tujuan kedalam satu bentuk kemasan ayang baik untuk mengimbangi kemajuan jaman. Marilah kita wujudkan KTSP ( Kurikulum Satuan Mata Pelajaran ), melalui terwujudnya dukumen operasional sebagai pengembangan dibidang dunia pendidikan, baik berbasis kompetensi atau berbasis lesson study.
Masyarakat harus tahu artinya masyarakat harus dilibatkan dengan kondisi yang demikian, sehingga mereka sadar bahwa kemajuan jaman menuntut kemajuan disegala bidang, tak luput dibidang pendidikan.
Perbaikan-perbaikan yang harus diketahui :
1. Perkembangan teori-teori yang mendukung didalam sistem pendidikan.
2. Kesalahan akibat teori-teori yang kurang valid didalam sistem pendidikan.
3. Perkembangan peserta didik didalam pelaksanaan proses belajar mengajar.
Dengan demikian maka antara pelaku-pelaku didalam dunia pendidikan dan masyarakat sebagai peserta didik dapat bersatu padu didalam mengapresiasikan misi dan visi tujuan pendidikan, yaitu generasi muda yang tangguh didalam menghadapi gejolak dunia modern ini.
Tak lupa do'a dan bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang selalu kita dengungkan baik secara lessan atau batiniah, agar kalbu kita dapat membimbing kita kearah yang lurus dan benar. Insya Alloh dengan bimbingan Al Khalik kita akan maju, tegar dan perkasa didalam menghadapi kemajuan jaman modern ini.

No comments:

Post a Comment