Penilaian system PAN ( Paduan Acuan Normal ), Persentasi, skala 10, ideal, berfokus atau berdasar pada nilai tertinggi soal ( MES ), yaitu 100. Dari nilai tertinggi ( MES ) tersebut dibagi 10 untuk membentuk skala kisaran nilai ( nilai mentah ). Dari nilai mentah ini maka diproyeksikan secara mendatar kepada nilai matang ( nilai ), yaitu dari nilai tertinggi 10 ( sepuluh ), sampai nilai terendah 1( satu ).
Aplikasi Penilaian system PAN ( Paduan Acuan Normal ), Persentasi, skala 10, ideal terhadap kegiatan pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya .
Ulangan Harian :
Jumlah Soal : 10 soal
Bentuk Soal : Uraian
Score : 10 persoal
Dari hasil ulangan harian siswa diperoleh score sebagai berikut :
87, 85, 80, 80, 80, 80, 80, 75, 75, 70, 70, 70, 70, 70, 70, 70, 70, 70, 67, 65, 65,
65, 65, 65, 65, 60, 60, 60, 60, 57.
Score ini diperoleh langsung dari kegiatan siswa dalam kegiatan ulangan harian, dimana score ini masih perlu untuk diolah agar memperoleh nilai mateng, dalam arti nilai yang benar-benar merupakan nilai sebagai standar penilaian ketuntasan siswa.
Untuk mengubah dari score, menjadi nilai mentah dan nilai mateng perlu adanya beberapa kegiatan :
1. ANALISIS.
Tabel Analisis sebagai berikut :
Dari kegiatan Analisis diperoleh ketuntasan Siswa, dalam kegiatan Ulangan Harian ( UH ), apakah siswa tuntas atau belum, Dasarnya adalah nilai ketuntasan yang sudah ditetapkan, yaitu 76%. Hasil ≥ 76% tuntas, bilai ≤ 76% tidak tuntas.
Hasil :
Siswa Tuntas : 7 Siswa
Ketuntasan : Tidak Tuntas
Siswa Remidi : 23 siswa
Soal Revisi : Tidak ada
2. Penyetaraan Tabel PAN, Persentasi,Skala 10, IDEAL
Tabel Penyetaraan Tabel PAN, Persentasi,Skala 10, IDEAL, sebagai berikut :
Tabel ini untuk menentukan standart ketuntasan siswa, yang telah ditentutakan sesuai dengan kesepakatan guru mata pelajaran, misalnya siswa dikatan tuntas bila nilai ≥ 76, sedangkan siswa tidak tuntas bilai ≤ 76. Dari table penyetaraan tersebut dapat diketahui kisaran nilai ( nilai mentah ) untuk menentukan nilai mateng, dan batas nilai mateng siswa dikatakan tuntas.
Dalam hal ini kisaran nilai 70 - 79 batas nilai ketuntasan siswa atau siswa dikatan tuntas.
3. Sinkronisasi NIlai Kurang ( NK ).
Tabel Sinkronisasi NIlai Kurang ( NK )sebagai berikut :
Tabel ini menunjukkan batas Nilai kurang ( NK)
Nilai Kurang ( NK = 0 ), sesuai batas kesepakatan ketuntasan , yaitu 70 - 79.
Nilai Kurang ( NK = 1 ), batas ketuntasan diturunkan 1 poin, jadi 60 - 69.
Nilai Kurang ( NK = 2 ), batas ketuntasan diturunkan 2 poin , jadi 50 - 59.
4. Nilai Siswa.
Tabel Nilai Siswa sebagai berikut :
Dari table ini dapat diketahui siswa yang benar-benar dikatakan tuntas, dan siswa yang masih perlu remidi.
Dari hasil pengolahan didapat :
1. Sebelum diolah siswa tuntas 7 siswa
2. Setelah diolah siswa tuntas 18.
Inilah perlunya sistem pengolahan nilai untuk mengetahui siswa yang benar-benar tuntas.
No comments:
Post a Comment